Memasuki masa new normal Penjualan Tanaman Hias di Dusun Krajan Timur Desa Tempeh Tengah mengalami peningkatan.

KIM PERMATA ABADI - Memasuki masa new normal atau adaptasi kebiasaan baru, Penjualan Tanaman Hias di Lumajang mulai meningkat Khususnya di Desa Tempeh Tengah

Ditengah pandemi Covid-19,  penjualan tanaman hias di Desa Tempeh Tengah meningkat hingga dua kali lipat dari sebelum pandemi. Hal ini disebabkan banyak orang melakukan aktivitas di rumah, sehingga menimbulkan trend baru yakni membudidaya atau menananam tanaman hias.
Apabila memasuki kawasan Dusun  Krajan Timur Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, suasana memasuki gang Kyai bakar terlihat sekitar jalan kanan dan kiri dipercantik dengan semarak bunga berwarna-warni. Beragam bunga hias berderet di sepanjang jalan itu.

Suasana rumah dalam satu gang dapat dijumpai berbagai macam tanaman hias yang ada di gang Kyai bakar Desa Tempeh Tengah, kecamatan Tempeh, Kamis (10/09/2020). 
Sebelumnya, sejak merebaknya pandemi Covid-19 di lumajang sejak pertengahan maret 2020 lalu, penjualan tanaman hias sempat mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Namun sejak dua bulan terakhir, penjualan tanaman hias di tempeh mulai mengalami peningkatan.
Salah satu contohnya diungkapkan seorang penjual tanaman hias, Khojin Mukhtar, ketika ditemui tim "KIM Permata Abadi" Desa Tempeh Tengah, saat bercocok tanam di kebun belakang rumah miliknya yang beralamat di RT 12 RW 02 dusun Krajan timur Desa Tempeh Tengah.

"Sejumlah tanaman atau bunga hias, mulai dari tanaman aglonema, tanaman air, tanaman rindang, dan tanaman anggrek doritis dijual disini". ungkapnya
Khojin juga menambahkan bahwasannya sejak masa pandemi Covid-19, penjualan bunga hias meningkat hingga 50% dibanding masa sebelum pandemi. Pasalnya warga yang banyak melakukan aktifitas dari rumah, memilih untuk menanam tanaman hias untuk mengisi waktu diluar aktifitas utama selama di rumah.

saat ini, para pembeli umumnya berburu tanaman hias jenis miana, monstera dan aglonema, yang belakangan menjadi favorit para pecinta tanaman hias.
Selain itu, tanaman hias yang dijualnya juga terdiri dari beragam jenis dengan harga yang juga bervariasi tergantung ukurannya, mulai dari yang termurah Rp.2.500 hingga harga jutaan rupiah. 

Trend pembeli juga berubah dari yang semula kebanyakan untuk pribadi, sekarang justru untuk dijual kembali. (Red.KIM_Fandy)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permudah Perekaman e-KTP, Dispendukcapil lumajang "Jemput Bola" ke masyarakat Desa Tempeh Tengah

SUNTIK VAKSIN DAPAT MINYAK GORENG GRATIS (SINEGRITAS PEMERINTAH DESA TEMPEH TENGAH DAN PUSKESMAS TEMPEH)

Ziarah Religi Wali 5 Perangkat Dusun Ateran Desa Tempeh Tengah.