Pembagian Bertahap Sertifikat Tanah Program PTSL di Desa Tempeh Tengah


KIM Permata abadi - Warga dari tujuh dusun di desa Tempeh tengah Kecamatan Tempeh, masing masing Dusun Krajan Tengah, Krajan Timur, Kebonan, Kebonsari, Kampung baru, Ateran dan Sukorejo menerima sertifikat tanah. Sertifikat dari program nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini telah diserahkan Hj. Elok Hariningsih, Selaku kepala desa tempeh tengah didampingi beberapa Staff Kantor Pertanahan (BPN) Kabupaten Lumajang. Acara ini berlangsung di pendopo Balai Desa Tempeh Tengah, Rabu, (23/12/2020) Siang.

Hj.Elok, Kepala Desa Tempeh Tengah mengatakan, sertifikat ini bisa menjadi bukti kepemilikan tanah secara resmi dan bisa menambah nilai jual tanah. Sebagai pelaku umkm bisa dipergunakan untuk meningkatkan perekonomian keluarga dengan cara sertifikat ini nanti bisa dijadikan sebagai agunan di perbankan jika kelak nanti dibutuhkan untuk tambahan modal usaha.
Untuk jumlah pendaftar PTSL 1200 bidang, yang sudah tercetak 500 sertifikat, dan karena adanya pandemi covid-19 ini maka yang ditangguhkan ada 700 bidang tanah.
“Kita terus berupaya untuk menuntaskan sisa program PTSL 2020 di desa Tempeh tengah dan alhamdulillah pada gelombang kedua dibuka kembali desa tempeh tengah mendapatkan kuota 1500 PTSL pada tahun 2021," ujar Hj.Elok.

Nanik Farida, SH. Waka II BPN Lumajang, mengungkapkan bahwasanya mengingat saat ini sedang pandemi covid-19 dan harus mengikuti anjuran dari pemerintah tidak boleh berkerumun dan mengumpulkan banyak orang, maka untuk Pembagian program PTSL 2020 ini dibagikan secara bertahap setiap minggu dan masing-masing pertemuan akan dibagikan 50 sertifikat PTSL. Minggu depan, rencana BPN akan kembali membagikan sertifikat tanah di desa tempeh tengah ini."Ungakpnya.
Sementara itu, Cholil salah satu penerima sertifikat PTSL mengaku senang akhirnya mendapat sertifikat tanah. "Menurutnya sertifikat ini bisa menjadi bukti kepemilikan tanah secara resmi dan tidak takut lagi kelak jadi pemicu perebutan sengketa tanah, "Ungkap Cholil.

Meskipun harus menunggu lama, namun pihaknya tetap bersyukur karena selama dalam proses pensertifikatan, banyak dibantu oleh pihak Desa. (Red/KIM_Fandy)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permudah Perekaman e-KTP, Dispendukcapil lumajang "Jemput Bola" ke masyarakat Desa Tempeh Tengah

SUNTIK VAKSIN DAPAT MINYAK GORENG GRATIS (SINEGRITAS PEMERINTAH DESA TEMPEH TENGAH DAN PUSKESMAS TEMPEH)

Ziarah Religi Wali 5 Perangkat Dusun Ateran Desa Tempeh Tengah.